Berita Viral di Media Sosial

Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya



Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya  .BANJARMASINPOST.CO.ID - Badan Kepegawaian Negara ( BKN) pun menerima laporan mengenai adanya pihak tertentu yang diduga berupaya melakukan penipuan dengan modus memperbaiki file corrupt.

Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya  1

Diketahui, BKN merilis pemberitahuan unggah ulang dokumen bagi para pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id.
Namun, sejumlah pelamar CPNS 2018 diketahui memiliki masalah dalam mengunggah dokumen di sscn.bkn.go.id.

Salah satu kendala adalah dokumen yang tidak terbaca atau file corrupt.
Baca: Kemenpan RB Sampaikan Perubahan Jadwal CPNS 2018, BKN Minta Segera Akses sscn.bkn.go.id

Bacauga j: Anak Ini Melihat Keanehan Di Warung Makan? Begini Caranya Jin Penglaris Bekerja.

"Kami mendapat laporan penipuan. Pelamar dihubungi pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab, mengatasnamakan panitia instansi yang bersedia membantu file corrupt dengan imbalan tertentu," ujar Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (13/10/2018).

Melalui surat resmi bernomor E 26-30/V 143-1/99, BKN menyatakan bahwa pengunggahan ulang atau perbaikan file corrupt tidak dipungut biaya alias gratis.

BKN pun mengimbau para pelamar agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan instansi yang melakukan perekrutan CPNS 2018.

Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya   2

Imbauan juga disampaikan melalui akun Twitter BKN, @BKNgoid. "Twit ini kami buat agar sebagai proactive countermeasures (penanggulangan proaktif) agar tidak ada pelamar yang tertipu," ujar Ridwan.

Cara cek dokumen Kemudian, bagaimana cara mengetahui apakah dokumen yang diunggah tersebut terbaca atau tidak? Melalui salah satu twitnya, BKN mengimbau kepada para pelamar untuk login atau masuk melalui akun yang sudah didaftar di situs Sistem Seleksi CPNS Nasional, sscn. bkn.go.id.

Apabila dokumen ada aman, maka muncul notifikasi "Resume Pendaftaran". Namun, jika dokumen yang diunggah tidak terbaca (file corrupt), akan muncul notifikasi untuk unggah ulang dokumen.

Selain itu, pendaftaran CPNS 2018 terintegrasi secara nasional melalui situs resmi SSCN dan juga pendaftaran masih dibuka hingga Senin, 15 Oktober 2018 mendatang.

Pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi dari kementerian/lembaga/daerah untuk CPNS 2018.
CPNS 2018


Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya   3
                            CPNS 2018 (irahlalfakta instagram.com/irahlalfakta)

Sebelumnya, BKN merilis pemberitahuan unggah ulang dokumen bagi para pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id.

BKN menegaskan surat ini dikhususkan untuk pelamar CPNS yang telah mengunggah dokumen persyaratan di situs SSCN, sscn.bkn.go.id namun dokumen tersebut tidak dapat terbaca (file corrupt).

BKN menyampaikan, pelamar dengan indikasi dokumen tidak terbaca (file corrupt), untuk melakukan pengunggahan ulang dokumen sesuai setting waktu masing-masing instansi. Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id

Surat yang ditandatangani Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto tersebut meminta instansi untuk mengumumkan daftar pelamar dengan indikasi dokumen tidak terbaca (file corrupt) pada dokumen yang diunggah.

Surat resmi bernomor E 26-30/V 143-1/99 ini ditujukan kepada ketua panitia seleksi CPNS 2018 instansi pusat dan daerah.

Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya   4
                                 Seleksi CPNS (Badan Kepegawaian Negara)

Berikut bunyi surat tersebut: Surat pemberitahuan unggah ulang dokumen dari BKN Surat pemberitahuan unggah ulang dokumen dari BKN(Twitter/BKN) Sehubungan dengan terindikasinya file corrupt pada dokumen yang diunggah oleh pelamar pada instansi Saudara, dengan ini kami menyampaikan agar Instansi dapat mengumumkan daftar pelamar yang harus melakukan unggah ulang dokumen sesuai dengan syarat administrasi masing-masing Instansi yang dilamar melalui laman https://sscn. bkn.go.id.

Adapun daftar pelamar masing-masing instansi sebagaimana tertera dalam lampiran kepada masing-masing administrator instansi beserta tata cara proses unggah ulang dokumen untuk pelamar.

Selanjutnya kami sampaikan pula bahwa periode unggah ulang dokumen oleh pelamar sesuai dengan setting periode pendaftaran pada masing-masing instansi pusat dan daerah.

Mengingat pentingnya informasi tersebut di atas, kami mohon kepada Bapak/Ibu Ketua Panitia Seleksi CPNS 2018 di Instansi Pusat dan Daerah agar dapat menyampaikan hal tersebut kepada pelamar masing-masing.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah dokumen yang diunggah tersebut terbaca atau tidak?

Melalui salah satu twitnya, BKN mengimbau pelamar yang telah melakukan upload dokumen agar melakukan login kembali ke situs SSCN.

Apabila dokumen yang diunggah tidak terbaca (corrupt) maka akan muncul notifikasi untuk unggah ulang dokumen. Namun, jika tidak ada notifikasi untuk melakukan unggah ulang dokumen, maka file dinyatakan tidak bermasalah.

Berikut surat dari BKN: Surat Pemberitahuan Proses Unggah Ulang Dokumen. Untuk diketahui, pendaftaran CPNS 2018 terintegrasi secara nasional melalui situs resmi SSCN. Pendaftaran online masih berlangsung hingga 15 Oktober 2018. Pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi untuk CPNS kali ini, di mana terbagi di instansi pusat dan daerah.

Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya   5

Di Twitternya, Humas BKN, Rabu (10/10/2018) pagi menyarankan para pelamar yang kesulitan menemukan nama program studi dan kampus mereka agar mencoba alternatif lain saat mendaftar.

Diberitakan Banjarmasinpost.co.id pada Rabu (10/10/2018), caranya adalah dengan memasukkan nama singkatan program studi atau kampus mereka.

“#SobatBKN yang Program Studi atau Universitasnya tidak tercantum, apakah sudah mencoba menginput dengan singkatan nama Universitasnya?” tulis Humas BKN.

Hal ini ternyata karena ada keluhan dari beberapa pelamar yang mengalami kesulitan ini.

Ternyata, setelah dicoba dengan memasukkan nama singkatannya, bisa berhasil.

“Karena beberapa #SobatBKN yang datang dan mengeluhkan hal tersebut ternyata nama Universitasnya menggunakan singkatan,” lanjut Humas BKN.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau para pelamar yang telah mengajukan keluhan ke helpdesk SSCN agar bersabar dan rajin memeriksa balasannya secara berkala karena banyaknya antrean yang harus dilayani.

“Jika masih tidak ada, dan sudah mengajukan aduan helpdesk dimohon menunggu dan cek secara berkala. Tim Helpdesk masih memproses sesuai antrian,” tutupnya.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, Kamis (11/10/2018), nama-nama perguruan tinggi yang telah terdata di portal SSCN diumumkan BKN di Twitternya.

Link SSCN KLIK DISINI

“Hallo #SobatBKN, berikut list Perguruan Tinggi yang ada di Database SSCN. Silahkan cek Nama Perguruan Tinggi kalian baik nama lengkapnya atau singkatannya jika tidak ada,” ujar Humas BKN.
Pihaknya juga menyertakan tautan atau link situs yang memuat daftar nama perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia tersebut.

Ini dia tautannya, bisa langsung diakses di sini.

Jika masih bingung, pelamar bisa mengajukan pengaduan terkait pendaftaran seleksi CPNS 2018 ini di portal helpdesk SSCN BKN di tautan yang ada di berita ini.
Sementara pendaftaran bisa dilakukan di portal SSCN BKN, tautannya juga ada di berita ini.

Link Helpdesk SSCN

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hati-hati, Ada Penipuan Seleksi CPNS Bermodus Perbaiki "File Corrupt"

 Itulah tadi berita Viral Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya  .
 Semoga bermanfaat ya?





Tag : Berita Viral
0 Komentar untuk "Modus Penipuan Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Viral, BKN : Waspada!,Ini Beritanya "

Ayo berikan komentarmu menggunakan Akun Google

Back To Top